Selasa, 05 Februari 2013

Cara Stem Gitar

Tuning / menyetem senar secara benar pada gitar yang kita miliki sangatlah penting, dikarenakan gitar akan mengeluarkan suara yang harmoni ketika semua senar telah disamakan nada-nadanya . Tentu saja, kita akan kesulitan saat memainkan komposisi musik jika gitar yang kita mainkan fals atau sumbang. Selain kurang enak didengar, hal ini juga akan membuat kita menjadi kurang peka terhadap nada.
Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membantu kita stem gitar.

1. Manual (menggunakan perasaan dengang feeling pendengaran)
Putar tuner (penala) senar gitar perlahan, petiklah beberapa kali (dengan tangan satunya), bandingkan dengan senar lain hingga sama nadanya, dengan ketentuan seperti berikut :
Nada Senar no 1 (E) los senar = Nada senar no 2 (B) fret ke 5 (petik senar kedua dengan jari tangan satunya menekan senar no 2 pada fret ke 5)
Nada Senar no 2 (B) los senar = Nada senar no 3 fret ke 4 (petik senar ketiga dengan jari tangan satunya menekan senar no 3 pada fret ke 4)
Nada Senar no 3 (G) los senar = Nada senar no 4 fret ke 5 (petik senar keempat dengan jari tangan satunya menekan senar no 4 pada fret ke 5)
Nada Senar no 4 (D) los senar = Nada senar no 5 fret ke 5 (petik senar kelima dengan jari tangan satunya menekan senar no 5 pada fret ke 5)
Nada Senar no 5 (A) los senar = Nada senar no 6 fret ke 5 (petik senar keenam dengan jari tangan satunya menekan senar no 6 pada fret ke 5)
Los senar adalah senar gitar hanya dipetik saja, tanpa jari kita menekan pada fretboard.
2. Stem Dengan Alat Elektronik Tuner
Menggunakan Gitar Tuner ini sangatlah mudah untuk menyelaraskan suara gitar menjadi harmoni. cara kerjanya adalah dengan merespon getaran pada gitar jika senar di petik, walaupun hanya di jepit diujung kepala gitar tetapi hasilnya  sensitif dan akurat.
Cara menggunakannya hanya memetik senar satu persatu mulai dari senar nomer satu sampai dengan nomer enam dan secara otomatis Tuner ini akan menunjukkan nada dari senar yang dipetik sehingga menghasilkan nada  yang pas.
Video Tuning Gitar:







0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Devi Hermawan. Diberdayakan oleh Blogger.